Banjir Lagi

Thursday, February 5, 2009 ·
Jika ada pertanyaan apa penyebab banjir, bisa jadi pertanyaan seperti ini akan dianggap basi. Namun kenyataannya banjir selalu menjadi permasalah yang pelik dan membuat pusing banyak pihak. Akhir-akhir ini musim hujan sudah identik dengan musim banjir. Ada baiknya kita menganalisa lagi apa penyebab banjir dan berharap bisa mencari solusi yang terbaik. Pada umumnya banjir disebabkan oleh :
1. Hutan yang gundul baik karena pembalakan liar maupun pembukaan lahan untuk memperoleh manfaat secara ekonomi misalnya pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit atau kegiatan lain yang lebih memberikan keuntungan. Seperti yang kita ketahui hutan berfungsi menjaga keseimbangan alam dengan menyimpan air sebagai cadangan dan tanggul alami yang mampu menahan banjir. Kerusakan hutan di Indonesia sudah sangat parah menurut catatan Greenpeace, kehancuran hutan di Indonesia 51 kilometer persegi hutan setiap harinya atau sebanding dengan 300 luas lapangan bola setiap jamnya. Terlepas apakah data itu akurat atau tidak kenyataannya banjir dan tanah longsor sering terjadi di banyak wilayah di Indonesia. Gerakan menanam pohon dan reboisasi hendaknya tidak lagi menjadi slogan semata.
2. Sampah, kebiasaan membuang sampah secara sembarangan dan pengelolaan sampah yang kurang tepat menyebabkan seringnya terjadi banjir. Aliran sungai yang terhambat karena tumpukan sampah bisa mengakibatkan banjir ketika musim penghujan tiba. Sampah sebaiknya tidak dianggap sebagai sampah yang yang tidak memiliki manfaat. Sampah organik yang berasal dari rumah tangga atau daun-daunan bisa dimanfaatkan sebagai kompos untuk menyuburkan tanah, sementara sampah plastik, kertas dan kaca bisa didaur ulang. Sekarang banyak pengrajin yang memanfaatkan sampah plastik atau kertas untuk didaur ulang dan menjadi barang yang memiliki nilai jual, misalnya cindera mata.
3. Buruknya tata kota yang mengakibatkan semakin minimnya daerah resapan air termasuk juga pembangunan perumahan yang tidak memperhatikan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).
4. Dampak dari pemanasan global (Global Warming). Meningkatnya suhu bumi akibat gas rumah kaca menyebabkan es di kutub mencair dan meningkatkan curah hujan.

Perlu adanya kesadaran dari semua pihak untuk lebih peduli terhadap lingkungan agar paling tidak bisa mencegah bencana banjir yang lebih parah.
| More

2 comments:

Unknown said...
February 5, 2009 at 5:59 AM  

Nice blog and keep it on! :)

Talkingbees-Learn Bengali-Hindi-Online-USA-London said...
May 30, 2009 at 10:09 AM  

what is the language, though I could not understand the language, but I can to encourage you for your blogging


Hope you will also visit my blogs, follow me. Your valuable comments will be highly appreciated
Student Loan Consolidation I Credit Card
TalkingBees 4 Japanese
Online Money Transfer
Mesothelioma

Post a Comment

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Science Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Add to Technorati Favorites
 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD