Schindler’s List

Monday, February 2, 2009 ·

Film besutan sutradara ternama Steven Spielberg yang di ambil dari buku karya Thomas Keneally ini dirilis tahun 1993. Berhasil mendapatkan tujuh Piala Oscar dan 63 penghargaan dari berbagai festival film lainnya. Berlatar belakang Perang Dunia ke-II, ketika tentara Jerman melakukan invasi ke Polandia. Seorang pengusaha asal Chekoslovakia Oskar Schindler, ingin mendirikan pabrik di Polandia dengan memanfaatkan tenaga kerja yang murah dan kedekatannya dengan para perwira Nazi. Oskar sendiri adalah anggota partai Nazi. Kepanikan kaum Yahudi yang dikejar-kejar tentara Nazi untuk di kirim ke kamp konsentrasi, dimanfaatkan oleh Oskar Schindler untuk mendapatkan tenaga kerja yang murah. Melalui bantuan Itzhak Stern seorang akuntan keturunan Yahudi, Oskar mendapatkan uang dan banyak tenaga kerja yang bisa ia manfaatkan untuk memulai mengoperasikan pabriknya.

Pada awalnya Oskar tidak tertarik dengan apa yang dilakukan oleh tentara Nazi di Polandia. Oskar hanya tertarik menjalankan bisnis di Polandia setelah gagal di Jerman. Namun ketika dia menyaksikan dengan mata kepala sendiri pembantaian yang sadis di kamp kerja paksa Plaszow yang dipimpin oleh seorang perwira bernama Amon Goth, Oskar kemudian meminta Itzhak untuk membuat daftar nama orang-orang Yahudi yang ada di kamp tersebut untuk diselamatkan. Setelah melakukan berbagai upaya termasuk menyuap para perwira Nazi, Oskar membawa ribuan orang Yahudi ke negara asalnya Chekoslovakia.

Film ini sarat dengan pesan kemanusiaan, Karena menolong sesama pada hakekatnya tidak boleh pandang bulu dengan melihat latar belakang agama, etnis, warna kulit dan sebagainya. Spielberg menggunakan warna hitam-putih untuk menimbulkan kesan suasana muram yang terjadi pada masa itu.

Pemeran:
1. Liam Neeson (Oskar Schindler)
2. Ben Kingsley (Itzhak Stern)
3. Ralph Fiennes (Amon Goeth)
4. Caroline Goodall (Emillie Schindler)
| More

1 comments:

Unknown said...
August 9, 2014 at 6:14 PM  

nice article, lagi belajar nulis juga semoga bisa jadi seperti sampean hehe http://leonardfresly.blogspot.com/

Post a Comment

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Science Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Add to Technorati Favorites
 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD