Platoon

Friday, February 6, 2009 ·

Film yang disutradarai oleh Oliver Stone ini diproduksi pada tahun 1986. Dengan latar belakang Perang Vietnam. Boleh di bilang film ini mengungkapkan realitas yang lebih jujur jika dibandingkan dengan film-film berlatar belakang Perang Vietnam lainnya seperti sekuel Rambo dan Missing In Actions. Namun demikian film Platoon juga mendapat banyak kritikan karena banyaknya adegan kekerasan dan brutal yang dilakukan oleh para serdadu Amerika Seikat.

Cerita berawal dengan kedatangan pasukan pengganti yang salah satu anggota pasukan tersebut adalah Chris Taylor seorang prajurit yang baru saja bergabung ke dalam unit pasukan infanteri. Pengalaman pribadi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh Chris Taylor yang merasa terpanggil untuk ikut membela negara. Berbagai peristiwa kekerasan dan sadisme mewarnai perjalanan tugasnya, mulai pada saat patroli rutin sampai dengan rivalitas diantara dua seniornya Sersan Barnes dan Sersan Elias. Chris Taylor lebih bersimpati kepada Sersan Elias yang lebih memiliki rasa kemanusiaan. Taylor semakin berani menentang atasannya Sersan Barnes setelah dia mengetahui bahwa Barnes yang membunuh Elias.

Film ini sangat menarik dengan tambahan narasi oleh Chris Taylor(Charlie Sheen) yang mempertanyakan apa sesungguhnya misi pasukan AS di Vietnam. Taylor sendiri merasakan adanya perang batin sebagai wujud perang yang sesungguhnya. Meskipun dia berhasil lolos dari “neraka” hutan belantara Vietnam, batinnya merasa terusik karena sesungguhnya perang yang sedang ia jalani tidak menghasilkan apa-apa, kecuali penderitaan.

Sutradara : Oliver Stone
Pemeran : Charlie Sheen (Chris Taylor), Willem Dafoe (Sersan Elias), Tom Berrenger (Sersan Barnes).
Penghargaan : 4 Piala Oscar
| More

2 comments:

Anonymous said...
February 6, 2009 at 10:02 PM  

Sinopsis cerita yang agak menarik. Blog yg ceria dan padat dgn info! Teruskan dan syabas! :)

Unknown said...
September 4, 2009 at 6:10 PM  

Hello! Very good post and the blog also is very good. That is why we invite you to join the service www.LinkFromBlog.com – the place where you can get paid just for blogging. Visit the site and find more detailed information there. Make the blog work for you – it is very simple! Good luck.

Post a Comment

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Science Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Add to Technorati Favorites
 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD