Energi Panas Bumi, Potensi yang Terpendam

Wednesday, January 28, 2009 ·
Apa itu energi panas bumi? Energi panas bumi atau Geothermal Energy adalah energi yang dihasilkan oleh tekanan panas bumi. Seperti juga matahari, bagian dalam perut bumi mampu menghasilkan panas dan energi yang bisa kita gunakan untuk memproduksi energi listrik. Energi panas bumi bisa didapatkan dari air dan batu-batuan panas yang ada di dekat permukaan bumi sampai beberapa kilometer dalamnya termasuk sumber panas ekstrim dari bebatuan yang mencair atau magma.
Untuk mendapatkan panas bumi harus dilakukan pengeboran seperti pengeboran untuk mendapatkan minyak bumi. Sumur dari hasil pengeboran tersebut untuk menangkap air yang terpanaskan. Kemudian air panas dan uap air dipisahkan . Uap air panas dibersihkan dan dialirkan untuk memutar turbin. Sementara itu air panas yang telah dipisahkan dimasukkan kembali ke dalam reservoir melalui sumur injeksi untuk menghasilkan lagi sumber uap.
Keunggulan Energi Panas Bumi
1. Bersih, karena tidak harus memerlukan pembakaran bahan bakar untuk memproduksi uap yang digunakan untuk memutar turbin. Hal ini berbeda dengan pembangkit listrik dengan sumber energi bahan bakar fosil.
2. Tidak memerlukan area lahan yang terlalu luas. Instalasi power plant untuk energi panas bumi membutuhkan area lahan per megawatt yang lebih kecil dibandingkan dengan instalasi power plant yang bersumber dari energi lainnya.
3. Potensi Indonesia untuk mengembangkan energi panas bumi sangatlah besar dengan cadangan panas bumi sekitar 26.000 megawatt, sementara yang dimanfaatkan masih sekitar 807 megawatt. Jika potensi ini bisa dikembangkan secara maksimal akan mampu mengurangi ketergantungan konsumsi minyak bumi dan batu bara di dalam negeri, sehingga bisa meningkatkan pendapatan negara untuk kesejahteraan rakyat.
Namun demikian masih ada kendala untuk mengembangkan energi panas bumi di Indonesia. Mahalnya biaya investasi yang sebenarnya karena ketergantungan kita terhadap industri turbin yang semuanya dikuasai oleh asing, belum lagi subsidi BBM yang membuat harga jual energi panas bumi kurang kompetitif. Harus ada solusi terutama dari pemerintah dalam hal regulasi untuk lebih memudahkan dalam upaya pengembangan energi panas bumi.
| More

0 comments:

Post a Comment

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog
Indonesia
Science Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Add to Technorati Favorites
 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD